Categories
Parenting

Bersalin Dengan Bpjs Kesehatan Masih Bikin Deg-Degan Bag4

Hanya saja, proses untuk memiliki ID kepesertaan BPJS Kesehatan untuk bayi melalui perusahaan baru bisa dilakukan begitu ada Surat Kete rangan Lahir (SKL) dari rumah sakit. Jreeeng… jadi harus saat itu juga bayi baru lahir dilaporkan kepada BPJS Kesehatan. Yang bikin kaget, saat hendak pulang membawa ba yinya, suami Mama Indah mendapat tagih an dari pihak rumah sakit untuk biaya perawatan si kecil.

Baca juga : Beasiswa S1 Jerman Full

Padahal, begitu mendapat SKL di hari pertama kelahiran, ia langsung melaporkannya ke pihak BPJS Kesehatan dan ke kantor dimana ia berkerja. “Jadinya, selain kepulangan saya dan si kecil tertunda, suami juga ha rus membuat kesepakatan dengan bagian keuangan rumah sakit perihal pengunduran waktu pembayaran hingga beberapa jam.” Karena tidak tahu di mana letak kekusutannya, saat itu suaminya sampai harus bolak balik telepon ke pihak BPJS Kesehatan Pusat, juga ke kantor BPJS Kesehatan yang menangani kar yawan. Berulang kali ia harus melakukan konfi rmasi ke pihak rumah sakit dan BPJS center di rumah sakit tersebut.

“Kondisinya menjadi pelik karena BPJS Kese hatan Pusat keukeuh minta surat rawat, jika ingin biaya yang ditagihkan ditanggung BPJS Kesehatan. Sementara, pihak rumah sakit tidak bisa mengeluarkannya, karena memang anak saya tidak sakit. Padahal pihak BPJS center di rumah sakit pun menyatakan, cukup mengajukan SKL saja untuk mendapatkan ID kepesertaan BPJS Kesehatan untuk bayi baru lahir dari kepesertaan karyawan.” Karena merasa dipingpong dan dikerjai, “Saat itu suami langsung berinisiatif membuat diskusi via telepon satu line antara dia, pihak BPJS Kesehatan Pusat, dan rumah sakit,” papar Mama Indah.

“Singkat cerita, hasilnya, pihak BPJS Kesehat an Pusat minta waktu sebentar untuk bertanya kepada atasannya. Tiga puluh menit kemudian, akhirnya anak saya bisa mendapatkan ID kepesertaan BPJS Kesehatan dan hari itu juga bisa pulang tanpa dikenakan beban biaya apa pun dari pihak rumah sakit.” Seperti lampu ber-watt rendah, informasi seputar hak kepesertaan BPJS Kesehatan masih remang-remang. Ulasan ini mencoba membuatnya menjadi lebih terang.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *