Categories
Parenting

Kehamilan yang Tersembunyi

Ini kejadian dua tahun lalu di Inggris. Seorang gadis berusia 17 tahun yang tinggal di West Yorkshire merasa perutnya sangat sakit. Sang bunda, Lesley Smith, yang panik mengetahui putrinya sakit perut sampai akan jatuh pingsan, kemudian membawanya ke rumah sakit. Ketika sudah berada di rumah sakit, betapa kaget Jodie dan ibunya mengetahui bahwa sebenarnya Jodie tengah hamil dan yang dirasakannya bukanlah sakit perut, akan tetapi kontraksi karena akan melakukan bersalin. Ibu dan anak ini sama-sama kaget karena keduanya memang tidak mengetahui adanya kehamilan tersebut.

Baca juga : Tes Toefl Jakarta

Bayangkan saja, selama waktu sembilan bulan mengandung dan tidak pernah menyadarinya, Jodie tetap melakukan aktivitasnya, termasuk rutin pergi ke tempat gym dan berlatih menari. Keanehan ini, pada dunia kedokteran dikenal dengan kehamilan tersembunyi (hidden pregnancy). Menurut sebuah penelitian dalam British Medical Journal pada Februari 2002, ada satu kehamilan tersembunyi berbanding 475 kehamilan yang jelas gejalanya. Itulah mengapa, bukan hanya perempuan remaja seusia Jodie saja, tetapi perempuan dewasa pun bisa tidak menyadari akan kehamilannya, bahkan sampai dia melahirkan.

INI PENYEBABNYA! Kehamilan tersembunyi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya adalah: • OBESITAS Mamil yang sebelumnya meng a lami kelebihan berat badan kerap kali terlambat mengeta hui jika dirinya hamil. Pasalnya, perubahan fi sik yang me nandakan kehadiran bayi di dalam rahim, tidak terlalu ter lihat. Lemak ekstra juga mem buatnya lebih sulit merasakan gerakan bayi. • MENSTRUASI TIDAK TERATUR Biasanya, siklus menstruasi yang normal berkisar antara 25?35 hari. Namun, ada juga seorang perempuan yang mengalami siklus di luar itu. Bahkan, ada yang pernah tidak mendapat menstruasi selama 2 sampai 3 bulan dan merasa sehat-sehat saja. Jadi, karena terlambat datang bulan telah menjadi kebiasa baginya, maka ia tidak tahu bahwa dirinya sedang hamil. • DALAM FASE PERIMENOPAUSE Perimenopause adalah fase saat tubuh mengalami tran sisi menuju masa menopause. Perimenopause biasanya terjadi pada usia pertengah an hingga akhir 40-an.

sumber : https://pascal-edu.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *