Categories
Parenting

Kenapa Tetap Kurus, Ya

Di trimester kedua, umumnya nafsu makan sudah kembali normal. Tetapi, mengapa berat badan mamil tak kunjung bertambah atau malah turun? Rasa mual dan muntah di pagi hari pada trimester pertama, memang dapat membuat nafsu makan berkurang. Dampaknya, BB (berat badan) tidak bertambah atau bahkan turun. Memasuki trimester kedua, nafsu makan umumnya akan kembali normal karena keluhan mual dan muntah banyak berkurang.

Baca juga : ausbildung jerman

BB mamil biasanya akan meningkat. Namun, ada juga, lo, yang tak mengalami kenaikan BB atau malah mengalami penurunan. Nah, hal ini perlu diwaspadai, Ma. Dr. Kiran Coelho, dokter obgin terkenal di India mengatakan, dalam beberapa kasus, ada mamil yang malah kehilangan bobot tubuhnya hingga 10% karena kehilangan nafsu makan selama kehamilan trimester pertama. Jika BB turun pada trimester pertama, ini merupakan hal yang wajar. Tetapi, bila mamil mengalaminya di trimester kedua, menurut Kiran, segeralah mencari tahu penyebab penurunan BB, karena bisa jadi mamil menderita diabetes gestasional.

Kiran menambahkan, biasanya di antara minggu ke-12 hingga ke-20, BB mamil akan statis. Tapi selanjutnya, bobot tubuh mamil mulai naik 1/2 kg setiap minggu hingga minggu ke-36. Konsultasi dengan dokter obgin dan mengontrol perkembangan janin merupakan satusatunya parameter untuk menentukan BB Mama ideal atau tidak. KURANG ASUPAN NUTRISI Menurut ACOG (American Congress of Obstetricians & Gynecologists), BB mamil idealnya disesuaikan dengan BB sebelum hamil.

Untuk mamil dengan BB di bawah rata-rata alias kurus, baiknya kenaikan BB saat hamil sekitar 12-18 kg. Sedangkan, kenaikan BB untuk mamil dengan bobot tubuh normal berkisar di antara 11-15 kg. Bagi mamil bertubuh besar (overweight), kenaikan BB yang dianjurkan hanya 6-11 kg. Terakhir, mamil yang obesitas hanya boleh menambah BB tak lebih dari 9 kg. Bagi mamil dengan kehamilan kembar, IOM (Institut Of Medicine) merekomendasikan kenaikan sebesar 16.8-24.5 kg untuk yang BB nya normal, 14-22 kg untuk mamil bertubuh besar, dan 11-19 kg bagi mamil yang mengalami obesitas.

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *