Categories
Parenting

Membaca Hasil USG

Sejatinya, hasil USG hanya bisa dibaca oleh dokter obgin yang sudah mendalami instrumen ini. Namun begitu, Mama berhak tahu sedikit bocorannya! Ultrasonografi atau sering disingkat dengan USG merupakan instrumen penting dalam pemeriksaan kehamilan. Melalui pemeriksaan ini dokter obgin memperoleh informasi yang dibutuhkan untuk membantu Mama mengupayakan kehamilan, persalinan, serta bayi lahir sehat.

Baca juga : Beasiswa s2 Jerman

Sebaiknya selama kehamilan, Mama melakukan pemeriksaan USG minimal 3-4 kali. Satu kali di awal kehamilan, satu kali pada trimester kedua, dan dua kali pada trimester ketiga. Apakah USG dapat berdampak buruk pada janin? Sama sekali tidak, Ma. USG menggunakan gelombang suara berfrekuensi tinggi, bukan radiasi, sehingga lebih aman dibandingkan rontgen. Gelombang suara berfrekuensi tinggi itu dipantulkan pada janin.

Pantulan gelombang suara tersebut, kemudian ditangkap kembali oleh alat USG dan dianalisis oleh komputer untuk menghasilkan gambar pada monitor. Dalam pemeriksaan rutin, dokter obgin biasanya hanya menjelaskan rangkuman atau simpulan umum dari hasil USG, seperti: kondisi kesehatan janin, volume air ketuban, letak plasenta, perkiraan berat janin, serta usia kehamilan. Hasil USG yang dicetak dan diberikan kepada Mama juga berisi informasi umum tersebut.

Bila ada dugaan gangguan kesehatan pada janin, barulah dokter melakukan pemeriksaan USG lanjutan untuk melihat aliran darah dari plasenta ke janin atau melihat ketebal an kulit kepala janin, misalnya. Tentu, tak sembarang orang bisa menginterpretasikan hasil USG. Hanya sonografer seperti dokter obgin atau dokter spesialis radiologi yang dapat mengartikan citra (image) yang terekam serta menganalisis data pada hasil USG.

Namun, tak ada salahnya Mama mengetahui singkatan yang umum ada di hasil USG beserta artinya supaya dapat :membacaā€¯ sendiri hasil USG. Tentu saja, bila Mama ingin memahami hasil USG secara lebih detail, langsung konsultasikan dengan dokter obgin. Nah, berikut ini panduan membaca hasil USG untuk tiap-tiap trimester. Semoga bermanfaat, ya, Ma!

Sumber : https://ausbildung.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *