Categories
Berita

Varian Produk dari Nasi Tumpeng Jakarta Selatan

Varian Produk dari Nasi Tumpeng Jakarta Selatan – lidah buaya semula hanya dikenal sebagai salah satu produk pangan yang dikonsumsi bagian dalam batangnya saja. Namun kini kita bisa menikmatinya dalam beragam jenis olahan. Seperti di Pontianak, Kalimantan Barat, lidah buaya bisa ditemukan dalam aneka olahan pangan yang menggiurkan rasanya. Ingin tahu apa saja hasil olahan idah buayanya?

Menurut wanita kelahiran 1 Februari 1948 ini, sebagai bahan utama olahan, lidah buaya bisa diaplikasikan ke dalam 70 jenis makanan. Akan tetapi, agar penjualannya bisa lebih fokus, Yuli hanya mengolah 8 jenis makanan berbahan lidah buaya saja. Salah satu yang paling unik adalah jeli lidah buaya. Pada jenis olahan ini, Yuli mencampurkan lidah buaya dengan rumput laut sebagai bahan utamanya. “Komposisi rumput laut dan lidah buayanya 1:1.

Jadi jelinya betulbetul kaya serat,” lanjutnya. Menariknya lagi, aneka warna pada jelinya juga menggunakan bahanbahan alami. Contohnya, jeli hijau menggunakan campuran daun pandan, merah mudah dari buah naga, dan kuning dari penggunaan nanas. Cara membuat jeli lidah buaya, kata Yuli, tak sulit. lidah buaya dan rumput laut diblender dan dimasak bersama gula pasir hingga mengental. Selanjutnya, adonan dimasukkan ke dalam loyang lalu didiamkan hingga mengeras. Selanjutnya, jeli dipotongpotong kotak kecil dan dikemas di dalam plastik bening.

untuk jeli ini, Yuli ikut menyertakan air dari lidah buayanya. Sehingga ia tak perlu repot meniriskan air dan lendir yang keluar dari dalam daging batang lidah buayanya. Jeli lidah buaya warnawarni ini dijual seharga Rp 25 ribu per kemasan ukuran 300 gram dan memiliki masa konsumsi 6 bulan. Selain jeli, Yuli juga berkreasi membuat pisang goreng krispi dengan kremesan.

Pada produk gorengan populer ini, lidah buayanya dicampurkan ke dalam bahan kremesannya. Tampilannya tak seperti pisang goreng khas Pontianak pada umumnya, yang dipotong serupa kipas. Pisangnya dipotong bulatbulat, sebelum dicelupkan ke adonan kremesan lalu digoreng. Pisang goreng krispi harganya Rp 4 ribu per buah. Selain pisang goreng krispi siap santap, Yuli juga menyediakan pisang goreng krispi lidah buaya dalam kemasan beku (frozen).

Sumber : https://salamacatering.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *